Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan penggunaan laravel collections  yaitu 6 Collections Di Laravel Yang Sangat Berguna Part 1.

Colections di laravel adalah method yang di sediakan oleh laravel untuk membantu untuk anda mencapai suatu tujuan dalam pembangunan app dengan lebih cepat dan sederhana.

Ada banyak sekali collections yang dapat di gunakan , di sini saya akan membahas 10 collections yang sangat membantu dalam kita membangun sebuah aplikasi web.

Untuk contohnya anggap saja anda memiliki baris code berikut ini :

Pada kasus ini $books adalah sebuah collections dengan nilai array seperti ini :

Lalu aoa saja yang dapat kita lakukan dengan data ini ? nah kita bisa mencoba method yang di sediakan laravel yang untuk menyelsaikan tugas yang bersifat spesifik.

1.avg()
JIka anda ingin mengkalkulasi nilai rata-rata dari colom price anda tidak perlu lakukan itu lagi pada queru di database anda, tinggal gunakan seperti ini :

2. chunk()
Jika anda ingin membagi data menjadi per part agar tidak langsung di ekseskusi secara sekaligus oleh php maka gunakan method ini :

Hasilnya akan sepertti ini :

ini berguna kedtika kita mengeksekusi data yang sangat besar, kita bisa melakukan break agar tisak di ekseskusi semua sekaligus .

3. contains
simple- check apakah koleksi kita mengandung nilai tertentu di salah satu colom:

 

Kita akan melanjutkanya pada dua seri artikel berikutnya, terimakasih