Pada tutorial kali ini saya akan meberikan materi tentang MYSQl yaitu 5 Best Practice Untuk MYSQL Part 1,  yang dimaksud best pratice di sini adalah cara-cara yang lebih praktis dan optimal pada MYSQL.

1.  Optimalkan Query Anda Untuk Query Cache

Kebanyakan server MySQL memiliki caching query yang diaktifkan. Ini adalah salah satu metode yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja, yang diam-diam ditangani oleh mesin database. Bila query yang sama dijalankan beberapa kali, hasilnya diambil dari cache, yang cukup cepat. Masalah utamanya adalah, sangat mudah dan tersembunyi dari programmer, kebanyakan kita cenderung mengabaikannya. Beberapa hal yang kita lakukan sebenarnya bisa mencegah cache query melakukan tugasnya.
contoh :

Alasan query cache tidak bekerja di baris pertama adalah penggunaan fungsi CURDATE (). Ini berlaku untuk semua fungsi non-deterministik seperti NOW () dan RAND () dll. Karena hasil pengembalian fungsi dapat berubah, MySQL memutuskan untuk menonaktifkan caching query untuk query tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah menambahkan baris tambahan PHP sebelum query mencegah hal ini terjadi

2.  EXPLAIN Query Select Anda
Menggunakan kata kunci EXPLAIN dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang dilakukan MySQL untuk mengeksekusi kueri Anda. Ini bisa membantu Anda mengatasi kemacetan dan masalah lain dengan struktur kueri atau tabel Anda. Hasil query EXPLAIN akan menunjukkan indeks mana yang sedang digunakan, bagaimana tabel dipindai dan diurutkan dll … Ambil kueri SELECT (sebaiknya yang kompleks, dengan bergabung), dan tambahkan kata kunci EXPLAIN di depannya. Anda bisa menggunakan phpmyadmin untuk ini. Ini akan menunjukkan hasilnya di meja yang bagus. Sebagai contoh, katakanlah saya lupa menambahkan indeks ke kolom, yang saya lakukan JOIN ON :

5 Best Practice Untuk MYSQL Part 1


Sekarang, alih-alih memindai 7883 baris, itu hanya akan memindai 9 dan 16 baris dari 2 tabel. Aturan praktis yang bagus adalah mengalikan semua angka di kolom “baris”, dan kinerja kueri Anda akan sedikit sebanding dengan angka yang dihasilkan

Oke itu saja untuk kali ini sisa tiga tips best practic lagi yang akan di lanjutkan di artikel selanjutnya. terimakasih