Halo teman-teman Dumenity sekalian! Bertemu lagi di blog dumetschool.

Framework PHP memang sedang populer saat ini. Tapi kenapa ya kenapa framework ada yang bilang bagus ada yang bilang terlalu banyak filenya. Berikut adalah kelebihan framework :

  1. Keamanan script cukup memadai

Pembuatan web pada umumnya memikirkan sisi keamanan setelah tamnpilan. Memang benar tampilan yang bagus adalah gerbang dari pengunjung web. Namun sisi keamanan web juka tak kalah penting. Dengan menggunakan framework maka keamanan minimalnya sudah cukup baik. Jangan lupa selalu update edisi terbaru untuk mengantisipasi bugs baru.

  1. Cocok untuk dikerjakan secara tim

Dengan penggunaan framework bagian-bagian yang dibuat dapat dipisahkan tanpa mengganggu kinerja script pendukungnya. Terutama dari sisi tampilan dan operasi database.

  1. Memiliki pola yang sama

Jika web dibuat dengan anggota yang banyak maka para anggota tim akan memiliki pola pembuatan syntax yang sama. Hal ini terjadi karena pembuat web harus mengikuti aturan framework yang digunakan.

  1. Tidak perlu membangun dari awal

Framework menyediakan fitur-fitur yang sudah umum digunakan seperti paging, koneksi data dll. Jadi kita cukup tinggal memanggilnya saja.

  1. Jika terdapat modul tambahan tidak mengubah fitur utamanya.

Penambahan fitur seperti halnya wordpress yang cukup menambahkan plug in saja. Dengan demikian script utamanya tidak berubah.

  1. Dokumentasi lebih lengkap

Setiap Framework memiliki dokumentasi dari berbagai bahasa terutama untuk Framework yang sudah terkenal. Seperti CodeIgniter.

  1. Lebih mudah untuk dikembangkan

Misalkan saat awal pembuatan anda menggunakan jasa PT A. Lalu dikemudian hari anda meminta PT B mengembangkan aplikasi tadi. Dengan menggunakan framework maka PT B tinggal membaca dokumentasinya dan disesuaikan. Tidak perlu memahami gaya unik setiap programmer yang cukup menguras tenaga untuk memahaminya.

CATATAN : Penggunaan Framework hanya akan maksimal jika kita sudah paham cara menggunakannya. Jika tidak paham maka semua kelebihan framework akan sia-sia saja.