Pada artikel kali ini kembali saya akan memberikan materi tentang laravel framework, sekarang kita akan membahas tentang inputan , sesuai judulnya yaitu bagaimana cara Agar Value Input Tidak Hilang Setelah Gagal Submit Di Laravel.

Pernah tidak kalian pengguna laravel saat ingin input data ke dalam database tetapi gagal karena inputan yang di masukan tidak sesuai dengan validasinya , setelah itu halam ter refresh dan semua input yang di masukan tadi hilang semuanya ?

Sebenarnya hal ini tidak hanya terjadi pada framework laravel, tetapi juga terjadi pada framework yang lain bahkan native pun sama saja , jika kita submit form maka value yang kita inputkan akan hilang semua jika terjadi gagal input.

Hal ini tidak akan jadi maslah jika input datanya hanya sedikit, kita bisa menulis ulang dengan cepat, tetapi apa jadinya jika data yang ingin di inputkan sangat banyak ? saat gagal input semua data akan hilang semua, pasti akan sangat melelahkan dan kesal ya 🙂

Nah di laravel ada cara menanggulanginya dengan cara berikut ini, di baris kode ini saya mengambil dari potongan program yang sedang saya buat .

Di form  silahkan tambahkan kode ini pada  value=”{{ old(‘name’) }}, nah kode ini berfungsi mengmbalikan nilai kita setelah submit data ke database jadi walapun kita mengalami gagal submit data karena validasi atau error maka data di inputan kita tidak akan hilang semua.

Baiklah itu saja dari saya untuk artiekl kali ini , sampai bertemu pada artiel selanjutnya.