Pada tutorial kali ini saya akan memberikan materi tentang Apa Itu Indexing Pada Query Dan Apa fungsinya ? . sebelum kita mencoba membuat dan menggunakan index pada sebuah query kita harus tahu dahulu Apa Itu Indexing Pada Query Dan Apa fungsinya ?

Sebelumnya saya akan memberikan analogi sederhana dan ada dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu saat membaca buku, apa kalian tahu index pada buku ? index pada buku di buat agar pembaca mudah menemukan halaman atau BAB yang dia inginkan tanpa membacanya dari awal sampai akhir.  Nah fungsi dari index pada buku itu mirip sekali dengan index pada query yang akan kita bahas kali ini .

Dimana index adalah sebuah object  dalam sistem basis data yang bertujuan untuk mempercepat proses pencarian data. databse yang tidak di lengkapi dengan index akan menurunkan performa database itu sendiri yang dimana saat pencarian data akan banyak sekali memakan resource dari CPU.

Yang perlu kita ingat adalah ada saat dimana sebuah indexing pada table tidak sama sekali di butuhkan yaitu saat:

  1. Table kecil
  2. Kolom tidak sering digunakan sebagai kondisi dalam query
  3. Kebanyakan query menampilkan data lebih dari 2-4% dari seluruh data
  4. Table sering di-update

baiklah ssetelah kita tahu Apa Itu Indexing Pada Query Dan Apa fungsinya ? sekaran gkita akan mencoba mengimplementasikanya .

saya memiliki sebuah table yang bernama DATA_PASIEN  dan memiliki record berjumlah 15 juta dan bisa di lihat dari gambar berikut :

coba lakukan query select pada table tersebut :

Bisa kita lihat bahwa untuk mengeksekusi query tersebut, diperlukan 18.332 detik. Kemudian saya tambahkan index pada tabel tersebut:

Setelah ditambahkan index, mari kita eksekusi query yang sama untuk tabelnya:

hasilnya sangat mengcengangkan ya ? haha bisa lebih efektif kurang lebih 90% dari segi waktu query.

Oke itulah tadi tutorial tentang Apa Itu Indexing Pada Query Dan Apa fungsinya ? , semoga bermanfaat dan sampai bertemu pad artikel selanjutnya.