Hallo teman teman dumet school , pada kesempatan kali ini saya mau shareing nih tentang apa sih itu MVC , MVC ada dalam sebuah framework dalam PHP dan banyak macam-macam framework , contohnya seperti : Code Igniter , Yii Framework , dll. MVC kepanjangan dari Model View Controller yang artinya  adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).

  1. Model, Model mewakili  struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  2. View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa di katakan berupa halaman web.
  3. Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

inilah contoh gambaran dari konsep MVC :

400px-MVC

 

konsep MVC ini sangat populer pada framework seperti Code Igniter , YII , Cake PHP . manfaat menggunakan framework ini karena bisa menghemat waktu dalam pengerjaan setiap proyek , dan keamanan nya pun sudah pasti sangat baik.

nah itu sedikit sigkat dari pengertian MVC , semoga bermanfaat 😀