Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Apa Itu Oracle ?. Oracle adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) dari Oracle Corporation. Awalnya dikembangkan pada tahun 1977 oleh Lawrence Ellison dan pengembang lainnya, Oracle DB adalah salah satu yang paling terpercaya dan secara luas digunakan mesin database relasional.

Sistem ini dibangun di sekitar kerangka database relasional di mana objek data dapat langsung diakses oleh pengguna (atau front end aplikasi) melalui bahasa query terstruktur (SQL). Oracle adalah arsitektur database relasional sepenuhnya terukur dan sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan global, yang mengelola dan mengolah data di jaringan area luas dan lokal. Oracle database memiliki komponen jaringan sendiri untuk memungkinkan komunikasi di seluruh jaringan, Oracle DB juga dikenal sebagai Oracle RDBMS.

Berikut Kekurangan Dari Oracle:

– Oracle adalah software DMBS yang cukup mahal, rumit, dan paling sulit dipelajari.
– Oracle membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS, supaya dapat berjalan dengan stabil.
– Oracle diperuntukan untuk perusahaan ber skala besar karena mengingat harga nya yang cukup mahal.
– Diperlukan database management supaya data yang bertambah ukurannya tidak mengalami kelambatan proses.
– dll.

Berikut Kelebihan Dari Oracle:

– Oracle termasuk salah satu software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi jika di bandingkan dengan yang lain nya.
– Oracle mampu menangani jumlah data dengan skala ukuran yang besar.
– Oracle dapat mengolah data ukuran besar dengan cepat sehingga informasi yang di dapat lebih akurat sesuai dengan harapan pengguna nya.
– Oracle memiliki kemampuan sebagai Technology Cluster Server.
– Oracle memberikan fasilitas untuk management user dan dari setiap user tersebut dapat diatur hak akses nya untuk suatu database.
– Oracle mampu di operasikan lebih dari satu platform system operasi.
– Oracle dapat melakukan pemrosesan data yang cepat, dan bersifat open source.
– Oracle mampu bekerja untuk lingkungan client/server, dll.

Demikian penjelasan apa itu oracle ?. Semoga Bermanfaat.