Pada tutorial kali ini  anda aken memplajari dan memahami apa kegunaan dari exception handling di php.

 

Hallo semuanya kembali lagi pada artikel tutorial dumet school , pada kali ini saya akan kembali membahas tentang OOP yaitu mengenai penangan exception handiling.

 

Sebelumnya seringkali programmer tidak peduli dengan penanganan error pada program , sehingga celah tersebut dapat di pakai oleh seorang hacker untuk menjebol program kita.

Exception handling ini secara sederhana adalah penangan sebuah error yang terjadi pada baris program dan untuk menentukan apakah baris program tersebut memiliki error atau tidak , jika iya maka akan di lakukan penangan erorr tersebut.

 

kalau masih binggung  lihat code berikut :

setelah di jalankan akan menghasilkan pesan seperti ini :

apa-kegunaan-dari-exception-handling-di-php

 

penjelasanya adalah sebagai berikut :

kita ingin menampilkan sebuah nilai yang telah kita masukan ke dalam parameter($stringg), lalu sebelum menampilkan saya ingin mengecek terlebih dahulu apakah nilai tersebut bukan berupa  Numeric.  kalau bukan bertipe numerik maka akan di jalankan program selanjutnya  tetapi kalau berupa numeric maka akan di lempar ke try dan catch

throw new User(“Ini harus berupa string “)

 

sehingga saat kita jalnkan program tersebut akan mendapatkan output seperti di atas, dan kenapa bisa muncul pesan tersebut?  karena kita memasukan nilai parameter berupa numeric.

 

oke itu saja untuk artikel apa kegunaan dari exception handling di php , semoga kalian dapat memahaminya dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.