pada versi PHP 5.5 extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, dalam versi terbaru ini kita akan beralih kepada Mysqli atau PDO . Mysqli adalah kepanjangan dari Mysql Improved extension , dalam versi ini dibuat untuk mendukung tipe tipe terbaru dari Mysql Serve versi 4.1 keatas.

perbedaannya dari mysql dan mysqli yaitu sebagai contoh jika kita memasukan kode seperti di bawah ini pada versi sebelumnya :

1-9-2015-2

dalam Mysqli harus menggunakan seperti di bawah ini :

1-9-2015-1

Selain menambah huruf “i” di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

Agar proses “migrasi” dari mysql ke mysqli tidak terlalu menyusahkan, PHP memberikan 2 alternatif cara penulisan mysqli.

1. Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. Cara ini mirip dengan extension mysql, dimana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MySQL.

2. Cara kedua adalah dengan object oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MySQL.

itu perbedaannya , untuk versi saat ini kita harus belajar tentang menggunakan Mysqli , karena sudah semakin lengkapnya versi dari PHP terbaru , kita pun harus Up to date dalam meningkatkan skill kita , semangat belajar 😀