Pada tutorial kali ini anda akan belajar memahami apa itu magic method pada php oop beserta contohnya , selain anda akan mencoba belajar memahami tentang konsep magic method kita juga akan memcoba mengimplementasikanya.

Magic method adalah reserves method yang akan dipanggil secara otomatis pada kondisi tertentu. Magic method di PHP menggunakan prefix __ (double underscore) di ikuti nama methodnya. sebenarnya banyak sekali magic method dalam php contohnya jika anda pernah mendengar __consturct dan __destruct , constructor dan destructor adalah salah satu dari magic method. setelah kita tau apa itu magic method sekarang kita akan mencobanya dengan menggunakan magic method __set dan __get.

 

Method __set akan dipanggil otomatis ketika kita melakukan assignment terhadap suatu property yang tidak dapat diakses. Semisal
kita akan memasukkan nilai ke private property atau protected property.

Sedangkan method __get akan dipanggil ketika kita memanggil suatu property yang tidak dapat diakses (kebalikan dari __set).

saya akan contohkan :

biasanya saat kita mengisi sebuah property yang mempunyai visibilitas private langsung kita akan menemukan sebuah error, tetapi kalu kita sudah menggunakan magic method __set maka tidak akan terjadi error dan akan tetap jalan .

apa-itu-magic-method-pada-php-oop-beserta-contohnya

oke itulah tadi tentang pembahasan apa itu magic method pada php oop beserta contohnya, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.