Array adalah kumpulan elemen yang memiliki tipe yang sama. Misalnya kumpulan bilangan bulat 5, 8, 9, 79, 76 membentuk sebuah array. Mencampur nilai dari berbagai jenis, misalnya array yang berisi string dan integer tidak diizinkan di Go.

Declaration

Array milik tipe n [T]. n menunjukkan jumlah elemen dalam array dan T mewakili tipe setiap elemen. Jumlah elemen n juga merupakan bagian dari tipe (Kami akan membahas ini secara lebih rinci segera.)

Ada berbagai cara untuk mendeklarasikan array. Mari kita melihatnya satu per satu.

var a [3] int menyatakan array integer dengan panjang 3. Semua elemen dalam array secara otomatis diberi nilai nol dari tipe array. Dalam hal ini a adalah array integer dan karenanya semua elemen dari a ditugaskan ke 0, nilai nol dari int. Menjalankan program di atas akan menghasilkan [0 0 0].

Indeks array dimulai dari 0 dan berakhir pada panjang – 1. Mari kita berikan nilai pada array di atas.

a [0] memberikan nilai pada elemen pertama array. Program ini akan menghasilkan [12 78 50]

Mari kita membuat array yang sama menggunakan deklarasi short hand.

Program di atas akan mencetak hasil yang sama [12 78 50]

Tidak perlu bahwa semua elemen dalam array harus diberi nilai selama deklarasi short hand.

Pada program di atas pada baris no. 8 a: = [3] int {12} mendeklarasikan array dengan panjang 3 tetapi disediakan hanya dengan satu nilai 12. 2 elemen sisanya diberikan 0 secara otomatis. Program akan menampilkan [12 0 0]

Anda bahkan dapat mengabaikan panjang array dalam deklarasi dan menggantinya dengan … dan biarkan kompiler menemukan panjang untuk Anda. Ini dilakukan dalam program berikut.

Ukuran array adalah bagian dari tipe. Karenanya [5] int dan [25] int adalah tipe yang berbeda. Karena itu, array tidak dapat diubah ukurannya. Jangan khawatir tentang pembatasan ini karena ada irisan untuk mengatasi ini.

Dalam baris no. 6 dari program di atas, kami mencoba untuk menetapkan variabel tipe [3] int ke variabel tipe [5] int yang tidak diizinkan dan karenanya kompiler akan melempar kesalahan main.go: 6: tidak dapat menggunakan (tipe [3] int) sebagai tipe [5] int dalam penugasan. Oke itulah tadi pembahsan saya tentang Array dalam Bahasa pemrograman Golang Part 1 semoga bermanfaat.