MySQL adalah salah satu database paling populer di dunia. Mengambil backup dan restore database selalu menjadi topik hangat di Mysql. Semua orang ingin mengamankan bisnisnya dan biasa mengambil backup database harian. Setiap preferensi pertama DBA (Database Administrator) adalah mengamankan perusahaan dari bencana. Tapi mengambil seluruh backup database setiap hari bukanlah solusi yang tepat. Ini akan menurunkan kinerja database Anda.

Apa itu MySQL Incremental Backup dan manfaatnya?

Backup incremental MySql adalah backup data yang sudah berubah sejak backup sebelumnya. Misalnya hari sebelum kemarin Anda telah mengambil backup penuh dari pengguna tabel database Anda. Sekarang dari waktu setelah backup sampai sekarang 10 baris baru telah ditambahkan di tabel pengguna. Sekarang jika Anda mengambil cadangan hari ini dan Anda hanya mencadangkan 10 baris itu maka Anda akan mendapatkan incremental backup dari tabel pengguna Anda. Silakan lihat gambar di bawah ini:

Jadi jika Anda mengambil full backup pada 1 Februari. Pada tanggal 2 Feb hanya bagian hijau yang perlu di backup dan pada tanggal 3 feb only blue part harus di backup. Metode ini disebut incremental atau point in time backup di mysql. Berikut adalah beberapa manfaat dari incremental backup mysql.

Manfaat backup Increment MySQL
  • Hemat ruang Hard Disk (atau media backup yang Anda gunakan): Cadangan inkremental selalu metode disk efisien dibandingkan dengan full backup setiap hari.
  • Stabilitas kinerja: Kapan pun Anda mengambil cadangan DB di mysql, Anda menggunakan sumber daya perangkat keras server Anda. Jika Anda mengambil full backup maka akan memakan waktu lebih banyak dibandingkan dengan penciptaan cadangan hanya jalur tambahan.
  • Mudah pemulihan(Recovery): Jika Anda mengambil incremental backup maka Anda dapat meningkatkan frekuensi cadangan Anda. Misalnya jika Anda mengambil full backup setiap hari. Sekarang Anda bisa mengambil backup database Anda secara bertahap setiap 3 jam. Jadi dalam kasus desaster Anda hanya bisa kehilangan data 3 jam.
Bagaimana cara setup Backup Incremental MySQL?

Ada berbagai cara untuk setup backup incremental MySQL. Event Anda dapat mengembangkan kode cadangan Incremental Anda sendiri. Berikut adalah beberapa metode atau opsi pilihan untuk backup incremental MySQL:

  • Menggunakan Binary Log MySQL
  • Menambahkan Script pada aplikasi anda
  • Menggunakan metode replikasi slave

Setelah ini dalam tutorial ini saya yang selanjutnya saya akan menjelaskan secara rinci setiap metode yang ada. Sebelum melangkah lebih jauh, saya mengasumsikan bahwa Anda memiliki administrasi dasar server dan pengetahuan pengembangan query MySql. Semoga bermanfaat.