HAi teman-teman semuanya, kembali lagi di tutorial dumetschool , kali ini saya akan membahas tentang MYSQL atau relasi antar table yaitu Bagaimana Cara Membuat Relasi Di Mysql, setelah menemukan database buatan beberapa orang atau bisa juga di bilang teman penulis, saya menemukan hal agak sedikit aneh karena di dalam sebuah table yang mereka buat yang memiliki hubungan atau relasi dengan table lain sebenarnya tetapi mereka tidak mendefenisikan bahwa kolom tersebut merupakan sebuah foreign key dan benar saja setelah di cek di bagian relation view ternyata table tersebut tidak memiliki relasi atau tidak terhubung.

Setelah saya tanya kepada mereka , mereka menjawab tidak usah karena table-table tersebut tetap bisa di hubungkan dengan JOIN, ya walaupun benar yang mereka bicarakan bahwa table-table tersebut tetap bisa di hubungkan dengan join tetapi buat saya tetap saja aneh. apa lagi jika anda menggunakan framework PHP yang suport ORM seperti laravel .

Baiklah di sini saya akan menjelaskan Bagaimana Cara Membuat Relasi Di Mysql,

Saya memiliki table product seperti ini :

Saya memiliki table promo seperti ini :

Selanjutnya saya akan merelasikan table promo dengan table product klik bagian relation view di table product dan set seperti ini :

Saya akan jelaskan satu persatu :

-promo_id_promo_foreign : ini adalah nama constait nya, bebas tetapi yang masuk akal dan mudah di pahami
-ON DELETE : kalau di pilih cascade maka jika table utama di hapus record nya maka di table childnya pun akan terhapus
-column 1 : ini kolom mana yang ingin di hubungkan
-table : table mana yang akan di hubungkan
-column 2 :  ini berisi id refrensi table yang akan di hubungkan

Baiklah itu saja dari saya, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.