Pada tutorial kali ini saya akan kembali memberikan materi tentang laravel dimana kali ini saya akan membahas tentang manipulasi data yaitu Bagaimana Melakukan Insert Data Menggunakan Laravel.

Artikel ini akan berkelanjutan dimana saya juga akan membahas tentang melakukan update, delete data juga , CRUD adalah tahap awal yang harus di lewati progammer sistem informasi tentunya dengan bahasa apapun yang dia pakai. Karena konsep crud adalah basik dari segala macam proses di dalam sistem informasi menurut saya :).

Baiklah tidak perlu berpanjang lebar kita langsung memulai saja,

Saya telah membuat view dengan nama addnewpost.blade.php :

Perhatikan bagian action pada form,  admin/addnewpost ini bisa berbeda-beda ya tergantung temtan-teman , disini saya karena memakai aplikasi yang sedang saya buat jadi actionya berisi seperti itu. intinya action itu akan mengarah ke route dan di get oleh rout lalu di arahkan kembali ke controller tertentu.

Controllernya adalah AddnewpostController.php

Kalian fokus di bagian public function store() karena store pada laravel berguna untuk melakukan insert  data kedalam table.

 

INi file model nya dengan nama Article.php :

Terkahir buat Route nya :

Di sini saya menggunakan Route:post tidak menggunakan Route:resource untuk biar yang baca paham bahwa Route itu akan mengarah ke AddNewPostController dengan function store.

BAiklah silahkan di coba dan di sesuaikan dengan proyek anda,