Hallo Sahabat, saat ini kita akan melanjutkan artikel tentang belajar CRUD dengan jQuery EasyUI Part 2. Baiklah kita akan membahas bagaimana menambahkan data melalui form. Nah form pada plugin jQuery EasyUI ini akan tampil dengan modal popup. Bagaimana cara membuatnya silahkan simak terus step-step dibawah ini:Langkah pertama perhatikan tampilan dibawah ini atau yang sudah pernah diketikkan pada artikel sebelumnya.

9-Membuat CRUD dengan jQuery EasyUI

tampilan code diatas adalah form input yang dipakai, jika sahabat melakukan click button tambah data maka akan muncul formnya. Sebelumnya sahabat harus menambahkan script dibawah ini

Jadi fungsi newUser terdapat pada button dengan event onclick dengan diberi fungsi newUser. Dan seperti berikut ini tampilan form input nya:

2-Membuat CRUD dengan jQuery EasyUI

Nah sebelum menambahkan kita harus membuat file untuk melakukan perintah insert, coba perhatikan pada script fungsi newUser ada sebuah url tujuan sebagai perintah sql insert yang dimasukan dari form.

Jadi dalam file save_user.php saya memakai variable = $_REQUEST , fungsi dari variable ini hampir sama dengan $_POST maupun $_GET . Untuk penjelasan kenapa saya memakai variable tersebut sahabat bisa di simak artikelnya disini.

Sekarang coba buka kembali browser sahabat apakah sudah benar secara pengetikkannya. Sebagai contoh saya inputkan data berikut ini dan jika benar maka akan seperti tampilan berikut ini

5-Membuat CRUD dengan jQuery EasyUI7-Membuat CRUD dengan jQuery EasyUI

Baiklah sekian pada artikel kali ini tentang belajar CRUD dengan jQuery EasyUI Part 2, kita berjumpa kembali pada artikel yang akan datang dan kita akan lanjutkan dengan update data.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Terima kasih.