Halo Dumenity, selamat datang kembali di website tips dan trik Dumet School. Berjumpa kembali dengan saya pada pembahasan tips dan trik seputar dunia website, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel sebelumnya yaitu Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4 dan kali ini kita akan membuat fitur delete data dengan ajax dan php. Teman – teman bisa review artikel saya sebelumnya Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 3 untuk bisa melanjutkan ke tahap ini yaitu delete data.

Baik, langsung saja kita implentasikan Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4 kita tambahkan button delete nya terlebih dahulu

Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4

Kemudian juga tambahkan button di dalam ajax nya, lalu berikan fungsi load() yang saya gunakan untuk reload hanya body nya saja.

Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4

Yang berfungsi untuk manambahkan data baru sekaligus dengan button dan id yang ada pada database yang akan kita gunakan untuk menghapus data. Selanjutnya kita buat fungsi delete nya, teman – teman buat file baru dengan nama delete.php kemudian kembali lagi pada file index.php nya, dan ketikkan script di bawah ini

Dan buka file delete.php, kemudian masukkan script di bawah ini untuk menjalankan fungsi delete nya

Jika sudah save dan jalankan pada browser nya

Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4

Kemudian saya akan menghapus data yang paling atas dengan klik tombol hapus

Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4

Maka data akan terhapus dengan fadeout() tanpa reload sama sekali, nah itulah delete menggunakan ajax dan php. Sekian pada artikel kali ini tentangĀ Belajar CRUD Dengan PHP dan Ajax Part 4 kita jumpa pada artikel selanjutnya, tentunya kita akan membuat fitur update supaya terpenuhi fitur CRUD nya dengan ajax dan PHP. Terimakasih dan sampai jumpa, semoga bermanfaat.