Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara aktifkan mod_rewrite di apache xampp. Sebelumnya teman-teman perlu ketahui, mod_rewrite di gunakan untuk merubah URL menggunakan perintah-perintah rewriting engine ( berdasarkan parser REGEX ) yang diminta dengan on the fly (secara langsung), dan banyak dari beberapa framework sudah menggunakan nya, sebagai contoh nya salah satu Framework CideIgniter. Untuk di versi web server xampp di versi terbaru nya sebenar nya fasilitas tersebut sudah default di aktifkan, namun untuk xampp versi di bawah nya masih belum aktif.

Lantas seperti apa hasil nya ?

Sebagai contoh salah satu url yang belum memanfaatkan mod_rewrite, di bawah ini:

www.domain.com/produk.php?id=1&kt=2

Alamat URL di atas belum user-friendly, maka dari itu saya tidak anjurkan dan jika di bandingkan dengan URL berikut, yang sudah menggunakan mod_rewrite di bawah ini:

www.domain.com/produk/sepatu-boat.html

Jika di lihat dari alamat url diatas lebih mudah di baca ketimbang alamat url yang sebelumnya, dan lebih mudah di kenal oleh mesin pencari seperti Google, namun untuk menggunakan mod_rewrite harus melakukan perubahan status disable menjadi enable pada file php.ini di apache web server teman-teman. Dan pada contoh di sini saya ambil asumsikan bahwa teman-teman memiliki web server dengan xampp, dan untuk merubahnya:

Berikut tahapan nya :

  • Teman-teman masuk ke direktori xampp\apache\conf, buka file httpd.conf yang ada di dalam nya dengan notepad.
  • Cari baris line yang sama seperti kode berikut :

  • Rubah, atau hilangkan kode # ( pagar ) menjadi kode seperti berikut :

  • Cari lagi baris line yang sama seperti kode berikut:

  • Rubah, atau hilangkan kode None menjadi kode seperti berikut :

Sampai di sini seharusnya mod_rewrite apache teman-teman sudah aktif dan sudah bisa di gunakan, namun belum cukup sampai di sini. Terkadang setelah pada tahap ini ada beberapa kendala yang sering terjadi. Untuk menghindari resiko tersebut sebaik nya restart apache di control panel teman-teman.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara aktifkan mod_rewrite di apache xampp, semoga bermanfaat.