Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara configuration database dalam CI (Codeigniter). Database situs dapat dikonfigurasi dalam file aplikasi / config / database.php. Seringkali kita perlu membuat database untuk lingkungan yang berbeda seperti pengembangan dan produksi. Dengan array multidimensional yang disediakan di CodeIgniter, kita bisa mengatur database untuk lingkungan yang berbeda. Pengaturan konfigurasi disimpan dalam array seperti pengaturan  di bawah ini , Silahkan teman – teman lihat di bawah ini:

 

Teman – teman dapat meninggalkan beberapa pilihan ke nilai default kecuali nama host, username, password, database dan dbdriver .

  • Hostname – Tentukan lokasi database Anda di sini mis. localhost atau alamat IP
  • Username – Set username database Anda disini
  • Password – Tetapkan kata sandi database Anda di sini.
  • Database – Set username database anda disini
  • Dbdriver – Tetapkan jenis database yang Anda gunakan mis. MySQL, MySQLi, Postgre SQL, ODBC, dan MS SQL.

 

Dengan mengubah kunci array $db, Anda dapat mengatur konfigurasi database lainnya seperti gambar di bawah ini. Di sini, kita telah menetapkan kunci untuk ‘menguji’ untuk mengatur database untuk menguji lingkungan, dengan menjaga lingkungan database lainnya seperti adanya.

 

Anda bisa langsung beralih ke lingkungan yang berbeda dengan mengubah nilai variabel seperti gambar di bawah ini –

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang cara configuration database dalam CI (Codeigniter). Semoga bermanfaat samapai berjumpa di artikel saya berikutnya. Salam coding.