Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Import Modul Pada Pemrograman Python, modul merupakan sebuah file yang berisi sebuah script atau kode program, yang di dalamnya terdapat sebuah proses, modul berfungsi untuk memecah sebuah program besar menjadi file-file yang lebih kecil sehingga lebih mudah dimanage, dan modul bersifat reusable yang artinya setiap program yang terdapat di dalam module tersebut dapat kita gunakan secara berulang, jadi satu proses yang terdapat didalam modul dapat kita gunakan pada baris program yang lainnya.

Berikut contoh modul seperti dibawah ini :

Cara Import Modul Pada Pemrograman Python kita bisa menggunakan kata kunci import ketika kita telah import maka kita dapat mengakses semua proses yang terdapat di dalam file tersebut, seperti variable maupun function.

Biar teman-teman lebih paham tentang Cara Import Modul Pada Pemrograman Python kita akan membuat beberapa contoh sederhana seperti dibawah ini :

  1. Yang pertama silahkan teman-teman buat dua buah file dengan nama main.py dan penjumlahan.py
  2. Kemudian kita akan membuat sebuah function pada penjumlahan.py file penjumlahan tersebut yang dinamakan dengan modul karena didalam file tersebut terdapat proses-proses penjumlahan seperti dibawah ini :

  1. Selanjutnya untuk kita akan mencoba untuk mengakses file penjumlahan.py dengan menggunakan import pada main.py seperti dibawah ini :

Selanjutnya untuk kita juga bisa mengakses file penjumlahan.py dengan menambahkan alias (as) seperti dibawah ini :

berikutnya kita juga bisa meng-import data lebih specific, khusus dibagian fungsi yang kita inginkan saja seperti dibawah ini :

Dengan menggunakan from kita juga bisa mengases lebih dari satu fungsi seperti dibawah ini :

Selanjutnya dengan menggunakan from kita juga bisa mengambil semua fungsinya dengan menggunakan tanda bintang (*) seperti dibawah ini :

Kemudian pada from kita juga bisa menambahkan as atau alias seperti dibawah ini :

Oke teman-teman tutorial kita kali ini tentang Cara Import Modul Pada Pemrograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.