Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara instalasi framework Phalcon di windows. Untuk contoh yang saya berikan di sini saya menggunakan web server xampp dengan versi PHP 5.6. Secara default extension php_phalcon.dll belum tersedia di xampp dan teman-teman harus menambahkan extension tersebut, untuk menambahkan nya di perlukan filde php_phalcon.dll, dan dapat di download di situs resmi nya.

berikut tahapan nya:

  1. Download terlebih dahulu php_phalcon.dll di situs resmi nya di alamat phalconphp.com/en/download/windows , download file tersebut yang sesuai dengan versi PHP dan Windows teman-teman, sebagai contoh saya download untuk Windows x86 bit dengan versi PHP 5.6 yang saya gunakan, seperti gambar di bawah ini:

cara-instal-framework-phalcon

  1. Setelah selesai di download kemudian extract dan salin file php_phalcon.dll yang ada di dalam folder hasil extract tersebut ke dalam folder xampp/php/ext, seperti gambar di bawah ini:

cara-instal-framework-phalcon

  1. Kemudian buka file php.ini yang ada di dalam folder xampp/php, atau melalui XAMPP Control Panel->Config->PHP(php.ini).
  1. Tambahkan kode extension=php_phalcon.dll sesuai dengan file yang sebelumnya sudah di salin ke folder xampp/php/ext di php.ini seperti gambar dibawah ini :

cara-instal-framework-phalcon

Jika sudah save, dan restart Apache melalui XAMPP Control Panel, untuk mengetahui berhasil atau tidak nya instalasi extensi phalcon yang sudah teman-teman lakukan tadi bisa di cek melalui phpinfo, untuk melakukan cek nya buka Browser dan ketikan alamat seperti berikut http://localhost/dashboard/phpinfo.php , tekan tombol keyboard Ctrl+F dan ketikan phalcon, jika berhasil maka akan ada info seperti gambar di bawah ini:

cara-instal-framework-phalcon

Demikianlah cara untuk instal framework phalcon di windows. Semoga Bermanfaat