Hallo teman-teman, kali ini kita akan belajar bagaimana cara instalasi CakePHP. CakePHP ini adalah salah satu framework PHP yang sering digunakan oleh developer. Bagi teman-teman yang belum mengetahui framework ini, CakePHP bisa menjadi alternatif lain yang layak untuk dicoba oleh kalian karena framework ini memberikan kalian kemudahan dalam membuat website dari segi struktur folder yang rapih.

Untuk instalasi CakePHP sedikit lebih rumit apabila kalian masih awan dengan cara ini. Pertama kalian harus menginstal composer. Composer ini akan membantu kalian untuk menginstalas CakePHP. Maka dari itu teman-teman bisa lihat dokumentasinya untuk cara menginstal composer dikomputer kalian. Jika sudah berhasil maka teman-teman coba buka cmd kalian lalu ketikan composer, maka tampilanya akan seperti ini.

composer

composer

Sebelum mulai instal CakePHP dengan composer, teman-teman harus merubah pengaturan pada php kalian. Jika kalian menggunakan xampp maka teman-teman coba buka ke folder xampp/php lalu cari file php.ini. Jika sudah coba buka filenya lalu cari extension=php_intl.dll dan hapus tanda ” ; “.

php.ini

phpini

Lalu restart xampp kalian jika sudah aktif sebelumnya.

Langkah selanjutnya teman-teman masuk kedalam direktori htdocs lewat cmd dengan cara seperti ini.

htdocs

Setelah itu baru kalian mulai menginstall cakePHPnya. Ketikan perintah dibawah ini pada cmd yang sudah masuk kedalam direktori htdocs kalian.

instal cakephp

jika berhasil maka tampilan pada cmd kalian akan seperti ini.

1 2

Langkah terakhir adalah coba kalian buka browser kalian lalu buka localhost/cquiz, jangan lupa xampp sudah dalam keadaan aktif.

Pada browser akan muncul tampilan seperti ini.

cara-instalasi-cakephp

Sekian pembahasan mengenai cara instalasi CakePHP. Untuk mengatur databasenya akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.