Hallo, balik lagi ditutorial pemrograman web Dumet School, dibulan yang baru ini jangan malas malas dalam menimba ilmu yah teman teman, pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Cara Instalasi PYTHON Pada Windows, perlu kita ketahui Bahasa pemrograman PYTHON sangat dikagumi yah dikalangan anak anak sekarang, Bahasa kodingnya pun tidak terlalu sulit dan tidak membingungkan sama sekali mudah dipahami untuk pemula

yang baru saja belajar Bahasa pemrograman, sintaq sintaq Nya pun jelas dan sangat singkat, nah pada tahap kali ini kita tidak mengoding terlebih dahulu tapi kita akan mencoba mengkoneksikan python ke windows, bagi teman teman yang menggunakan Ubuntu, Mac Os python tidak perlu lagi di install karena sudah terdapat secara otomatis, oke untuk pengguna windows bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Download terlebih dahulu python di site resminya yakni https://www.python.org/downloads/ pilih versi yang terbaru, karena disetiap versi python memiliki sintaq yang berbeda.
  2. Instalasi python klik kanan pada file python.exe lalu pilih run administrator tunggu sampai selesai.
  3. Install IDE python, yang digunakan sebagai editor khusus python teman teman bisa downloadnya di site ini https://www.jetbrains.com/pycharm/download/#section=windows pilih yang community.
  4. Instalasi IDE Python caranya sama dengan poin 2 tunggu hingga selesai.
  5. Jika semua sudah selesai coba skrang teman teman tekan logo windows yang ada pojok kiri bawah layar lalu ketikan python, pilih yang dikotakan lalu klik kanan pilih properties,
  6. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows
  7. Lalu copikan target pada shortcut sperti beirkut : C:\Users\firefox-1\AppData\Local\Programs\Python\Python36-32\ (hilangkan python.exe)
  8. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows
  9. Langkah selanjuntya ialah, teman kembali ke logo symbol windows dipojok bawah layar, lalu arahkan mouse ke menu computer->klik kanan->properties
  10. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows
  11. Jika sudah pilih menu ini :
  12. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows
  13. Pilih new lalu tambahkan dikolom pertama PATH dan kolom ke 2 yang tadi kita copikan target dari si python pada poin 6
  14. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows
  15. Oke tahap instalasi sudah selesai, apakah ini sudah bisa menjalankan python, tentu bisa? Bagaimana cara membuktikannya, coba teman teman buka command promptnya, lalu ketikan python pada cmd jika berhasil maka seperti berikut :
  16. Cara Instalasi PYTHON Pada Windows

Oke cukup mudah bukan, tentang Bagaimana Cara Instalasi PYTHON Pada Windows. Oke cukup sekian tutorial tentang Bagaimana Cara Instalasi PYTHON Pada Windows. Sampai bertemu diartikel selanjutnya dan sampai jumpa.

#KeepLearn

#IsmetMA