Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Install Plugin Jquery JqGrid Demo Di Localhost. Sebelum saya membahas lebih jauh ada baiknya teman-teman tahu terlebih dahulu apa itu JqGrid ?
Jqgrid adalah plugin dari framework Jquery yang digunakan untuk manipulasi data. Di sini Jqgrid memiliki fungsi antara lain untuk load data, edit delete, search dan masih banyak lagi. Apabila teman-teman biasa menampilkan data ke dalam bentuk tabel biasa, jika menggunakan Jqgrid data tersebut akan tampil menjadi lebih menarik dan dinamis.

Berikut tahapan instalasi nya:
  • Pada contoh di sini saya menggunakan web server xampp.
  • Telebih dahulu teman-teman download terlebih dahulu file demo jqgrid, dan untuk contoh disini saya menggunakan versi 3.6 yang bisa didownload di situs resmi nya atau dapat download di sini www.4shared.com/zip/Xi05bggEca/jqgrid-v36.html (password zip: brianabraham)
  • Jika sudah di download kemudian extrak file zip tersebut ke dalam root folder htdocs teman-teman, nanti akan ada folder dengan nama jqgrid-v.3.6 .
  • Buat database baru melalui phpmyadmin dengan nama sesuai keigninan teman-teman, namun pada contoh di sini saya membuat database dengan nama jqgrid-brian.
  • Jika sudah, import file database.sql yang ada di dalam folder jqgrid-v.3.6 ke database yang baru saja di buat, seperti gambar di bawah ini:

cara-install-plugin-jquery-jqgrid-demo-di-localhost

  • Selanjutnya teman-teman bisa langsung melakukan perubahan konfigurasi koneksi file dbconfig.php, yang ada di dalam folder jqgrid-v.3.6. disini teman-teman dapat sesuaikan dengan settingan database yang baru di buat seperti contoh berikut:

  • Save, buka browser dan ketikan alamat seperti berikut: http://localhost/jqrid/jqgrid.html , maka akan tampil seperti gambar di bawah:

cara-install-plugin-jquery-jqgrid-demo-di-localhost

  • Dari tampilan tersebut, terlihat menu di samping kiri tidak tampil, ini di sebabkan karena file jquery-ui-1.7.2.custom.min.js tidak ada, dan di dalam folder tersebut hanya ada file jquery-ui-1.7.1.custom.min.js ,versi di bawah nya dari 1.7.2 yang sudah di sediakan dari jqgrid.
  • Untuk memperbaikinya buka file jqgrid.html yang ada di dalam folder jqgrid-v.3.6 dengan editor masing-masing. Lihat pada line atau baris ke 41 yang terdapat kode seperti berikut:

  • Ubah dengan kode seperti berikut:

Cara Install Plugin Jquery JqGrid Demo Di Localhost

Sampai di sini penjelasan saya Cara Install Plugin Jquery JqGrid Demo Di Localhost. Semoga bermanfaat.