Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara install python di xampp. perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditafsirkan untuk pemrograman dengan tujuan yang umum. Python Dibuat oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, Python memiliki filosofi desain yang menekankan keterbacaan kode, dan sebuah sintaks yang memungkinkan pemrogram untuk mengekspresikan konsep dalam kode yang lebih sedikit, terutama menggunakan spasi yang signifikan. Ini menyediakan konstruksi yang memungkinkan pemrograman yang jelas pada skala kecil dan besar.

Python memiliki sistem tipe dinamis dan manajemen memori otomatis. Ini mendukung beberapa paradigma pemrograman, termasuk berorientasi objek, imperatif, fungsional dan prosedural, dan memiliki perpustakaan standar yang besar dan komprehensif. Penerjemah Python tersedia untuk banyak sistem operasi. Di Amerika, peluang kerja profesi Programmer Python paling banyak dibutuhkan. Meskipun bahasa pemrograman tersebut launching pada awal 1990 an, tidak menutup kemungkinan bahasa pemrograman Python kedepannya banyak digunakan oleh developper-developper, meskipun bahasa pemrograman tersebut baru buming dalam waktu beberapa tahun belakangan ini. Awal mulanya bahasa ini digunakan untuk menguji berbagai jenis Microchip. Akantetapi, karena kemudahannya, bahkan lebih mudah dari bahasa Java dan C++, sehingga banyak programmer-programmer lain untuk menggunakannya, hingga sampai saat ini bahasa pemrogramman tersebut banyak diterapkan oleh situs-situs besar di penjuru dunia.

Berikut dibawah ini package Python yang populer saat ini:

  1. Django (Framework Website)
  2. Tornado (Pustaka website aplikasi dan asynchronous programming)
  3. Scipy atau Scikit (Pustaka aplikasi artificial intelligence)
  4. Celery (Pustaka asynchronous task)
  5. dll

Untuk melakukan instalasi Python di windows dan untuk menjalankannya di Browser, teman-teman perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu di Web Server Apache, pada contoh disini saya menggunakan XAMPP. dan teman-teman bisa ikuti tahapan yang saya jelaskan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman download terlebih dahulu instalasi .msi versi 2.7.14 khusus untuk Windows dari situs resmi Python.
  • Jika sudah, selanjutnya lakukan instalasi seperti biasa ke dalam directory C:\ dan pada saat proses instalasi tersebut jangan lupa centang pada pilihan Add python.exe to path baru selanjutnya tkena tombol Next.
  • Jika sudah, lihat terlebih dahulu apakah ada folder dengan nama Python27 di directory C:\Python27

Untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara install python di xampp pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.