API (Application Programming Interface) merupakan sebuah teknologi untuk memfasilitasi pertukan sebuah informasi atau data antara dua data atau lebih, pada api terdapat berbagai element seperti function, protocol, dan tools. Api juga dapat mempercepat proses dalam men-develop sebuah program atau aplikasi yang saling terintegrasi seperti dengan menggunakan payment getway, ataupun yang lainnya pada tutorial Cara Melakukan Konfigurasi API Pada Codeigniter Part 1 kali ini kita akan load library dan konfigurasi lainnya yang akan kita gunakan.

Jika kita membuat web API hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu :

  1. Harus mendukung fungsi CRUD yang berkerja melalui Http protocol dengan menggunakan method GET, POST, PUT dan DELETE.
  2. Memiliki response Accept header dan Http status code
  3. Response dengan menggunakan format JSON, ataupun XML, namun pada umumnya pada saat sekarang lebih banyak menggunakan format JSON
  4. Memiliki fitur MVC seperti Routing, Controller, Action results, Filter, Model, IOC container dan lain lain.
  5. Web API dapat berjalan pada Apache atau web server sesuai dengan Bahasa pemmograman yang digunakan.

Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa API tersebut data kita gunakan untuk banyak Bahasa pemrograman seperti Android, PHP, Python dan lain-lain.

Cara Melakukan Konfigurasi API Pada Codeigniter yaitu langkah pertama kita silahkaan teman-teman siapkan file project yang akan dugunakan, pada tutorial kali ini saya telah mempersiapkan file project dengan nama ci_api seperti dibawah ini :

Berikutnya kita akan melakukan settingan pada config/config.php seperti dibawah ini :

Pada base_url kita akan setting menjadi dinamis sehingga kita tidak perlu merubah base_url jika kita ingin merubah nama project yang akan kita gunakan, kemudian kita akan hapus index.php pada index_pagenya supaya url yang akan kita gunakan menjadi lebih rapi dan mudah diakses, seperti yang kita ketahui bahwa route-route kita berada dibawah index.php.

Selanjutnya kita akan membuat sebuah file .htaccess pada file tersebut terdapat script htaccess seperti dibawah ini :

Berikutnya silahkan teman-teman buka file autoload.php pada config/autoload.php. folder autoload tersebut merupakan class yang bisa kita gunakan untuk meload class-class yang dibutuhkan namun pada tutoal kali ini kita akan meload library database seperti dibawah ini :

Oke teman-teman teman itu lah pembahasan kita pada tutorial Cara Melakukan Konfigurasi API Pada Codeigniter Part 1 dan akan kita lanjutkan pada Cara Melakukan Konfigurasi API Pada Codeigniter Part 2

Terima kasih.

Cara Melakukan Konfigurasi API Pada Codeigniter Part 2