Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Melindungi Folder Website Melalui Cpanel. Di sini teman-teman dapat memberikan password untuk folder yang tersimpan di dalam hosting layaknya kunci untuk suatu ruangan khusus. Sehingga, ketika ada orang lain yang masuk ke dalam hosting dan mengakses secara langsung folder tersebut melalui URL , maka folder tersebut akan di “proteksi” sedangkan untuk mengakses folder tersebut di butuhkan username dan password.

Seperti contoh kasus berikut:
  1. Saya memiliki halaman administrator website, dan setiap halaman administrator yang terkait semua kode tersebut saya simpan dalam satu folder dengan nama administrator, namun saya ingin memproteksi halaman tersebut dengan fasilitas proteksi direktori password yang sudah di sediakan oleh pihak hosting atau cpanel dengan harapan halaman tersebut lebih aman.
Berikut langkah-langkah yang mesti di lakukan:
  • Login cpanel teman-teman dengan meng akses halaman http://domain.com/cpanel, seperti gambar berikut:

cara melindungi folder website melalui cpanel

  • Klik Directory Privacy atau Password Protected Directory pada halaman cpanel, seperti gambar berikut:

cara melindungi folder website melalui cpanel

  • Klik icon folder public_html, karena semua file atau folder teman-teman secara default tersimpan di dalam directory folder public_html tersebut.
  • Pada contoh berikut saya akan memproteksi halaman atau folder administrator yang ada di folder public_html, maka saya pilih atau klik nama folder administrator tersebut, sehingga akan di bawa ke halaman cpanel seperti gambar berikut:

cara melindungi folder website melalui cpanel

  • Jika kelengkapan sudah terisi seperti di atas, klik tombol save, yang ada seperti pada gambar di atas.
  • Dengan demikian, folder teman-teman sudah aman, selain itu berdasarkan contoh kasus yang saya buat, halaman administrator website saya akan lebih aman karena setiap ada yang mengakses halaman tersebut akan di mintai username dan password sebelum halaman login administrator.

Sampai di sini penjelasan saya Cara Melindungi Folder Website Melalui Cpanel. Semoga bermanfaat.