Mengambil backup database adalah pekerjaan yang sangat penting dan sensitif. Banyak perusahaan yang digunakan untuk mengikuti pendekatan sistematis untuk mengambil backup dalam interval periodik. File-file backup tersebut akan diarsipkan dengan cara yang tepat untuk referensi atau tujuan pemulihan di masa mendatang. Ada berbagai cara untuk mem-backup Database WordPress.

Dalam tutorial ini, kita akan melihat cara mem-backup database WordPress secara manual atau lewat program melalui plugin. Item yang tercantum di bawah adalah metode utama untuk mengambil backup database WordPress.

  • Dengan menggunakan cPanel
  • Dengan menggunakan PhpMyAdmin
  • Dengan menggunakan baris Perintah
  • Dengan menggunakan plugin WordPress

Mari kita bahas metode-metode ini secara rinci di bagian-bagian selanjutnya. Sebelumnya, kami telah membuat klien backup database sederhana menggunakan PHP.

Mengambil Backup Database WordPress melalui cPanel

Metode ini dapat digunakan jika Anda memiliki kunci otentikasi untuk mengakses situs WordPress cPanel. Login ke cPanel dan navigasikan melalui File-> Backup.

Opsi cPanel Backup akan memungkinkan pengguna yang diautentikasi untuk mengambil cadangan sebagian penuh dari situs. Antarmuka cadangan ini akan mencantumkan semua database di bawah Patial Backup-> Unduh Cadangan Database MySQL.

Pilih database situs WordPress Anda dari daftar tautan. Ini akan mengekspor file .gz dan itu akan diunduh ke browser. File yang diekspor ini akan dalam bentuk kompresi yang dapat diimpor seperti untuk memulihkan database.

Backup Database WordPress menggunakan PhpMyAdmin Export

Klien database seperti PhpMyAdmin, SQLYog mendukung berbagai operasi terkait database seperti impor, ekspor dan banyak lagi. Di bagian ini, kita akan melihat opsi dan penyesuaian yang tersedia yang diizinkan oleh aplikasi PhpMyAdmin.

Kunjungi PhpMyAdmin URL dan masuk ke dalamnya. Pilih database WordPress di antara daftar pangkalan data. Setelah memilih database klik tab tindakan Ekspor yang akan ada di antarmuka web PhpMyAdmin.

Cara Mem-Backup Database WordPress

Dengan mengklik tab Ekspor, klien databse akan menampilkan opsi radio Cepat dan Kustom. Dengan memilih opsi Cepat, file cadangan akan diekspor dengan struktur database lengkap, data secara default. Dengan memilih opsi khusus, kita dapat menyesuaikan pengaturan untuk memberi tahu spesifikasi kepada klien untuk mengambil cadangan.
Ekspor Database melalui Pemrograman Baris Perintah

Pencadangan databse dapat dilakukan melalui pemrograman baris perintah. Dalam heading ini, kita akan melihat perintah untuk mengekspor database ke file .sql. Juga, kita akan melihat untuk membuat versi kompresi dari ekspor database menggunakan baris perintah.

Sebelum itu, tambahkan lokasi konektor MySQL ke sistem classpath untuk menjalankan perintah MySQL pada command prompt.

Command to Export .sql via Command line

Ganti [userName] dan [databaseName] dengan nama pengguna database WordPress Anda dan nama DB masing-masing. Perintah ini akan menulis file .sql sebagai cadangan lengkap dari database. Kami juga dapat menentukan tabel tertentu daripada mengekspor database lengkap.

Command to Export .gz (compressed) file via Command line

Perintah ini akan menulis bentuk terkompresi file cadangan database. Sebagaimana ditentukan dalam perintah file akan dalam format gz seperti yang telah kita unduh melalui antarmuka cPanel.

Catatan: Kedua perintah di atas akan memerlukan kata sandi basis data sebelum menulis cadangan basis data

WordPress.Plugin WordPress untuk Mengambil Backup Database

Ada banyak plugin yang tersedia untuk menambahkan fitur untuk mem-backup Database melalui admin WordPress. Beberapa dari plugin tersebut adalah Migrasi WP All-in-One, Pencadangan Database WP, WP-DB-Backup, dan banyak lagi.

Pada artikel ini, saya telah menambahkan screenshot dari pengaturan plugin All-in-One WP Migration untuk mengambil backup database WordPress. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin ini, konfigurasi backup database dan ekspor dapat dilakukan melalui panel admin WordPress. Jika Anda baru mengenal WordPress dan ingin melihat cara memasang plugin WordPress, artikel pemula yang terhubung akan berguna.

Cara Mem-Backup Database WordPress

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang  Cara Mem-Backup Database WordPress, semoga bermanfaat.