Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memasang call to action watsapp di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Call To Action saat ini menjadi salah satu tehnik marketing online dengan memanfaatkan watsapp yang bisa langsung terhubung ke applikasi watsapp, Call To Action tersebut bisa berjalan apabila website teman-teman dikunjungi melalui ponse dan bisa langsung terhubung dengan applikasi watsapp untuk chatting. Cara kerja Call To Action tersebut dimana ketika pengunjung website menekan tombol Call To Action langsung terhubung ke applikasi watsapp besertas dengan pesan default yang bisa teman-teman sertakan tanpa harus membuka applikasi watsapp sebelumnya, karena dengan proses tersebut akan otomatis membuka applikasi watsapp langsung private ke nomor yang teman-teman sertakan di tombol tersebut, sehingga calon pelanggan website akan di permudah untuk melakukan komunikasi dengan teman-teman.

Jika dilihat dari fungsi tersebut memang tidak seberapa jika dilihat dari sisi kecanggihan teknologi, namun dengan adanya feature tersebut bisa membantu calon pelanggal website teman-teman untuk menghemat waktu. secanggih apapun teknologi yang teman-teman gunakan, jika dilihat dari sisi kelebihan sudah pasti ada sisi kekurangannya, dan kekurangan dari features tersebut ialah belum support untuk browser komputer dan hanya bisa digunakan bagi pengunjung website yang menggunakan ponsel, namun dari sisi kekurangan tersebut tindak usah berkecil hati untuk memanfaatkan features tersebut, karena perlu teman-teman ketahui sebelumnya, populasi pengguna smartphone di dunia lebih unggul dari pada pengguna komputer, jadi harapan untuk memudahkan calon pelanggan website teman-teman sangat berpeluang besar.

Berikut Cara Memasangnya :

  1. Saya asumsikan sebelumnya bahwa saja features tersebut ingin teman-teman pasang di website yang sudah teman-teman buat
  2. Buka file php yang terkait dengan halaman yang ingin digunakan, seperti contoh saya memasangnya pada halaman detail produk di website saya
  3. Pada halaman tersebut, bisa teman-teman tambahkan satu buah tombol dengan tag link <a> beserta dengan nomor ponsel yang ingin digunakan sebagai admin watsapp website yang teman-teman gunakan.
  4. Sisipkan alamat di bawah ini pada link href tombol yang sudah teman-teman buat, sehingga kode lengkapnya menjadi seperti kode dibawah ini :

  Untuk kode 6283870077950 bisa diganti dan disesuaikan dengan nomor ponsel teman-teman, dan untuk kode (text=Halo%20Admin%20happyshope.com!%20Saya%20ingin%20Order%20Sepatu%20Nike) bisa teman-teman ganti sesuai pesan default yang teman-teman inginkan (untuk kode %20 adalah kode untuk memberi jarak spasi di kolom chatt watsapp ponsel).

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara memasang call to action watsapp di php, semoga bermanfaat.