Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memasang responsive file manager di ckeditor. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, CKEditor adalah salah satu plugin komponen text editor MYSIWYG ( What You See Is What You Get ) dan dapat digunakan untuk menangani konten-konten seperti artikel yang dapat dipasang di komponen textarea. Plugin CKEditor tersebut sudah menyediakan berbagai macam Tools yang dapat digunakan untuk memanajement konten layaknya di microsoft office word. Tidak hanya itu saja, untuk tools yang belum tersedia seperti file manager yang berguna untuk menampung tempat upload gambar didalam text editor itu sendiri bisa kalian tambahkan dan tersedia beberapa plugin file manager yang bisa diterapkan di text editor tersebut, yang salah satunya adalah Responsive File Manager.

Responsive file manager tersebut adalah plugin file manager yang dapat teman-teman gunakan sebagai wadah untuk memanajement gambar yang nantinya teman-teman upload di text editor tersebut layaknya seperti ketika teman-teman menggunakan text editor CMS WordPress, CMS tersebut pun menggunakan file manager untuk mengelola gambar yang akan digunakan didalam konten artikel. Langsung saja, untuk memasangnya teman-teman bisa ikuti tahapan dari saya dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Disini saya asumsikan terlebih dahulu kalian download text editor CKEditor di link berikut https://ckeditor.com/ckeditor-4/download/
  • Jika sudah, selanjutnya kalian extract folder text editor tersebut terlebih dahulu dan letakan folder hasil extract tersebut didalam folder project kalian ( saya sarankan jangan meletakan didalam direkrori folder admin web kalian dan maksud tersebut untuk menghindarkan dari deface yang sering dilakukan hacker ).
  • Selanjutnya buka file index.php atau index.html yang ada di halaman administrator website kalian, dan letakan link external file ckeditor.js seperti kode dibawah ini

Note : sesuaikan dengan lokasi terletaknya file js tersebut di folder project kalian

  • Selanjutnya masih di file yang sama, tambahkan kode seperti berikut

Note : untuk editor adalah id dari textarea yang mau dihubungkan, dan untuk nama editor tersebut bisa kalian ubah sesuai dengan id pada textarea.

Untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara memasang responsive file manager di ckeditor pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.