Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial dumet school, pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara membatasi dan mengurutkan query pada bahasa pemrograman php. Pembatasan dan pengurutan queri sangat penting sekali ketika sedang melakukan pembuatan aplikasi, pembatasan dan pengurutan query biasa sering digunakan saat kita mau nampilan data dari sebuah database, atau lebih tepatnya untuk nampilan data dari tabel – tabel database kita.

 

misalnya data dalam tabel database jumlahnya sangat banyak sekali mencampai ribuan maka kita tidak mungkin menampilkan data tersebut sekaligus kedalam layar maka adakan yang namanya LIMIT untuk membatasi data yang kan tampil dilayar.Jika teman – teman ingin melihat data dari sebuah tabel yang diurutkan berdasarkan bidang tertentu, maka teman – teman bisa menggunakan klausa yaitu ORDER BY.

Klausa ini dapat teman – teman pakai untuk mendefinisikan nama bidang yang akan digunakan untuk mengurutkan data secara teratas atau paling bawah. Jadi lebih tepatnya kalau saya sebut ORder BY bisa kita gunakan untuk menampilkan data terbaru dan data paling awal. Berikut saya berikan contoh tentang cara menampilkan data terbaru dari dari sebuah tabel database misalkan saya punya tabel post dan saya ingin menampilkan datanya sesuai data yang terbaru yang bakal tampil paling atas, maka caranya sebagai berikut:

Cara Membatasi dan Mengurutkan Query

  1. berdasar data terbaru

nama_variabel = mysqli_query($koneksi, “select * from post order by id  desc “);

2. berdasarkan data terbawah;

nama_variabel = mysqli_query($koneksi, “select * from post order by id  ASC “);

Selain itu SQl ( Structured Query Language ) dapat teman – teman gunakan untuk membatasi berapa banyak data dari tabel post yang akan ditampilkan menggunakan kata kunci LIMIT, yang dapat menerima dua parameter offset post awal (dimulai dari 0) dan jumlah post yang akan tampil. misalkan sperti di bawah query LIMIT , saya akan menampilkan data post sebanyak 5

nama_variabel = mysqli_query($koneksi, “select * from post order by id  desc LIMIT 5”);

maka hasilnya seperti berikut;

Cara Membatasi dan Mengurutkan Query

Oke bagaimana teman – teman cukup mudah bukan Cara Membatasi dan Mengurutkan Query, oke semoga bermanfaat.