Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat authentication di laravel sederhana. Dan pada authentication yang saya bahas di sini yaitu authentication dasar bukan yang berbasis access control list maupun role based access controL. Tidak hanya di Framework code igniter, di laravel juga  sudah disediakan komponen serta fungsi –  fungsi yang teman-teman perlukan untuk membuat authentication. Sebelum membahasa lebih dalam, teman-teman patut pahami apa itu authentication. Authentication di gunakan untuk membatasi user tertentu dalam mengakses aplikasi atau program seperti menu atau fasilitas-fasilitas lain nya yang di tentukan. Dalam membuat authentication, teman-teman biasanya membutuhkan form login yang terdapat komponen input username, email dan password.

Di bawah ini, berikut fungsi – fungsi auth yang ada :

  • Password

Tidak hanya di framework lain nya, di laravel secara default password akan di simpan dengan metode hash menggunakan bcrypt.

Berikut ini adalah code untuk membuat password menggunakan metode Hash :

Untuk mengecek password sama atau tidak teman-teman bisa menggunakan code dibawah ini:

  • Authenticating Users

Untuk masuk dalam aplikasi yang dibuat, teman-teman bisa menggunakan metode atau code dibawah ini :

Dan masih banyak lagi yang bisa teman-teman manfaatkan untuk mengelola form login di aplikasi yang teman-teman buat.

Untuk membuat authentication sederhana, berikut tahapan nya :  

Sebelum nya teman-teman konfigurasi kan terlebioh dahulu file database.php di dalam folder app/config. Dan buatlah database dengan tabel users. Jalankan perintah kode di bawah ini pada folder project teman-teman melaui CMD/Command Prompt :

Jika berhasil maka akan dengan sendirinya otomatis di buatkan file bernama tabel_create_users.php didalam folder app/database/migrations. Buka file tersebut dan isikan perintah atau code dibawah ini :

Simpan file tersebut, dan jalankan pada CMD (Command Prompt) kode di bawah ini :

Untuk pembahasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara membuat authentication di laravel sederhana part2, di sesi berikutnya, semoga bermanfaat.