Umumnya, thumbnail dibuat untuk mengurangi dimensi dan ukuran gambar. Membuat gambar mini untuk gambar yang diunggah adalah praktik yang baik. Dengan menggunakan gambar mini dan bukan gambar asli, ini akan membantu memasukkannya ke dalam tata letak aplikasi. Juga, waktu pemuatan gambar thumbnail akan lebih rendah secara optimis.

Dalam artikel ini, kita akan melihat cara membuat beberapa thumbnail untuk gambar yang diunggah oleh pengguna. Upload gambar dan mengubah ukuran ke thumbnail melalui pemrograman adalah kode yang paling dicari. Dalam contoh ini, saya telah menggunakan library form jQuery untuk mengunggah biner gambar melalui AJAX. Permintaan ajax akan memanggil kode PHP untuk membuat thumbnail dengan dimensi yang ditentukan. Sebelum membuat thumbnail, file yang diunggah akan divalidasi untuk memeriksa apakah itu dengan ekstensi yang valid, ukuran yang diizinkan.

Setelah validasi yang berhasil, kode untuk membuat beberapa thumbnail akan dieksekusi. Thumbnail yang dibuat disimpan dalam target yang dibuat secara dinamis. Fungsi library GD PHP digunakan untuk membuat gambar thumbnail secara terprogram.

Tampilkan Opsi Unggahan Gambar dan Beberapa Pratinjau Thumbnail

Ini adalah halaman arahan yang memiliki opsi untuk mengunggah file gambar. Saat memilih file gambar dengan menggunakan opsi UI ini, fungsi AJAX akan dipanggil. Dalam fungsi ini, biner gambar diposkan ke file PHP sebagaimana ditentukan dengan parameter AJAX.

Di halaman ini, saya telah membuat penampung target untuk menampilkan gambar thumbnail berbagai dimensi. Tag input file default akan tertimpa dengan tombol pilih HTML dengan menggunakan CSS. Opsi input file berisi atribut terima untuk membatasi jenis file pada tingkat browser. Juga, saya telah menangani validasi gambar di sisi server menggunakan PHP.

Posting Form jQuery via AJAX untuk Membuat Beberapa Thumbnail

Skrip ini menggunakan library form jQuery untuk memposting form dengan data gambar ke titik akhir PHP. Dalam skrip ini, kemajuan unggahan dilacak dan diperbarui di UI dengan menggunakan callback uploadProgress. Pada respons AJAX yang berhasil, jalur thumbnail akan diuraikan dari objek respons AJAX dan disetel ke target pratinjau secara dinamis.

Buat Beberapa Thumbnail di PHP

Setelah memposting data formulir melalui AJAX, skrip PHP ini akan dieksekusi untuk memproses gambar yang diunggah. Pertama, memvalidasi ukuran dan dimensi gambar. Setelah validasi selesai, maka thumbnail akan dibuat.

Dalam contoh ini, saya telah membuat tiga gambar mini dengan dimensi 150X93, 300X185, dan 550X340. Gambar mini yang dibuat dimasukkan ke folder target yang dibuat secara dinamis.

Fungsi PHP untuk membuat thumbnail dan folder targetnya secara dinamis didefinisikan dalam file functions.php. File ini akan diimpor di atas file PHP yang dipanggil dari AJAX. Thumbnail dibuat secara dinamis dengan menggunakan fungsi pustaka GD PHP.

functions.php

Oke itulah pembahasan saya tentang Cara Membuat Beberapa Thumbnail Saat Uploading Gambar, silahkan coba sendiri untuk melihat hasilnya semoga bermanfaat.