Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat bold pada hasil pencarian di PHP. mungkin sebelumnya teman-teman sudah pernah melihat maksud dari judul postingan tersebut, di mana ketika teman-teman melakukan pencarian di salah satu website yang teman-teman kunjungi, apabila hasil yang di cari di temukan, maka keyword dari hasil pencarian tersebut akan di tebalkan hurufnya, dengan tujuan supaya pengunjung website mengetahui bahwa keyword yang di cari tersedia dan sesuai dengan yang di cari.

cara membuat bold pada hasil pencarian di php

Tidak usah jauh-jauh, ketika teman-teman melakukan pencarian dengan salah satu kata kunci di goole, maka hasil dari sebagian konten yang ada di snipet google maka akan otomatis di pertebal huruf tersebut. Mungkin teman-teman sudah tahu cara membuat huruf tebal di HTML, hanya dengan memasukan tag <b> (sebelum text) sudah bisa membuat huruf tersebut menjadi tebal. Seperti hal sama yang di miliki dari property CSS, untuk menebalkan suatu huruf atau kalimat bisa mengguakan property ( font-weight:bold; ). Lantas bagaimana cara menerapkan nya pada hasil pencarian website yang teman-teman buat dengan PHP.

Berikut Caranya :

  • Teman-teman bisa ketikan perintah seperti berikut :

  • Teman-teman bisa save file tersebut terlebih dahulu jika sudah, maka akses lagi melalui browser kesayangan teman-teman, namun untuk disini biasanya saya menggunakan browser yang pada umumnya sudah di kenal di masyarakat seperti contohnya browser Mocila Firefox, Google Chrumb, safari, dll.

Note : Jika teman-teman ingin mengaplikasikan kode tersebut di website yang sudah teman-teman buat, dengan PHP yang sudah terintegrasi dengan database MYSQL, untuk baris kode yang terkait denganĀ  $record_dari_tabel_db bisa diganti dengan hasil dari looping array record di php. Sedangkan untuk kode pada baris berikut

Diambil dari nilai komponen search, dan diganti menjadi seperti kode berikut :

Atau bisa juga dengan kode seperti berikut :

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat bold pada hasil pencarian di PHP, semoga bermanfaat.