Halo teman teman pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Membuat Class, Property, dan Method pada OOP, seperti yang kita ketahui bahwa didalam sebuah class kita bisa membuat sebuah method / function, Sebelum kita masuk pada pembahasan ada baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu Class, Property, dan method didalam OOP,  Class merupakan basic awal yang harus kita tuliskan didalam OOP, dan ada beberapa yang perlu kita ketahui dari class tersebut yaitu, di dalam sebuah class kita dapat menyimpan sebuah function/method, dan class juga memiliki karakteristik yang dapat menyimpan data (Variable) dan Function.

function didalam sebuah class dinamakan juga dengan method, dan method tersebut dapat kita ibaratkan seperti sebuah proses yang dapat kita berikan pada suatu objek. Kalau kita contohkan object itu seperti seorang “murid ” , dan method dapat kita contohkan sebagai “sekolah”, didalam method “sekolah” terdapat sebuah alur proses yang menggambarkan bahwa murid tersebut jika ingin lulus sekolah maka harus mengikuti proses seperti ujian, dan jika ujiannya tidak lulus maka murid tersebut harus mengulang sekolahnya kembali, Nah lebih kurang method itu yaitu alur atau proses dalam sebuah program.

Oke teman teman biar kita lebih paham lagi tentang Class, Property, dan Method pada OOP kita langsung saja masuk ke study casenya tentang Cara Membuat Class, Property, dan Method pada OOP.

Silahkan teman teman simpan script dibawah ini dengan nama murid.php

Pada script murid.php yang terdapat di atas saya menggunakan $this->nilai, variable $this->nilai  berfungsi untuk mengakses sebuah property atau method yang terdapat pada class tersebut. Sehingga perintah variable $this->nilai digunakan untuk mengakses atau membaca property dari $nilai yang terdapat pada class murid.

Nah jika kita jalan kan pada browser maka hasilnya seperti dibawah ini

cara-membuat-class-property-dan-method-pada-oop

Oke teman teman cukup sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Membuat Class, Property, dan Method pada OOP, semoga bermanfaat.

Terimakasih.