Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat combo box tanggal otomatis di PHP. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk membuat combo box tanggal secara otomatis dalam kurun waktu sebulan sampai dengan tanggal 31, teman-teman perlu membuat kode tersebut dengan menggunakan looping (perulangan) di php, terdapat beberapa metode yang bisa di terapkan dengan menggunakan perulangan tersebut, salah satu yang akan saya contohkan di sini yaitu dengan menggunakan for , disamping itu teman-teman busa juga menggunakan metode perulangan dengan menggunakan while.

Bisa teman-teman bayangkan jika di banding dengan membuat component combo box secara manual seperti halnya di html, pastinya membutuhkan waktu yang cukup memakan waktu jika di bandingkan dengan metode yang saya contohkan. Lantas bagaimana cara membuatnya dengan cara otomatis dalam kurun waktu yang lebih singkat ? Disini teman-teman akan saya.

Tujuan dengan menggunakan ComboBox adalah dimana untuk mempermudah user dalam memilih pilihan yang sudah disediakan. Hal ini juga dapat menghindari kesalahan user dalam penulisan suatu format tanggal yang telah disediakan. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa salin kode di bawah ini.

Caranya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu file dengan nama index.php
  • Tuliskan kode seperti berikut :

  • Jika sudah teman-teman bisa save file tersebut terlebih dahulu, dan jalankan di browser teman-teman
  • Jika berhasil maka tampilan output tersebut seperti gambar di bawah ini :

cara membuat combo box tanggal otomatis di php

Dari penjelasan tersebut bisa teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing untuk penerapan di website yang teman-teman buat

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat combo box tanggal otomatis di PHP, semoga bermanfaat.