Controller merupakan hal yang terpenting dalam sebuah framework dari codeigniter. Tampilan yang pertama kali muncul ketika berhasil menginstal Codeigniter juga merupakn hasil dari kode suatu controller, yaitu welcom.php. File controller welcom.php bisa Teman – teman temukan di folder application/controllers. Oke Berikut ini adalah contoh isi dari file controller:

Dari script di atas terdapat sebuah deklarasi class bernama Welcome{}, di class Welcome{} tersebut terdapat sebuah method bernama index(). Kode yang menampilkan “Welcome to Codeigniter” terletak pada :

script di atas me-load ( memanggil ) view bernama welcome_message, yang sebenernya merupakan file welcome_message.php yang tersimpan di folder application/views. Jadi, untuk memanggil view, kita cukup menyebutkan nama file-nya saja tanpa ekstensi *.php.

Oke untuk lebih jelasnya sekarang saya akan memberikan contoh untuk membuat Controller;

untuk membuat controller kita memerlukan satu buah file di dalam application/controllers, di sini saya membuat file di application/controllers dengan nama page.php  dan saya isi dengan file – file berikut ini:

Dari script di atas, saya mendeklarasikan sebuah class bernama page{}. Class tersebut meng-extends class CI_Controller{}, atau dengan kata lain class page{} adalah turunan dai class CI_Controller{}.
Di dalam class page{} terdapat sebuah method bernama index(). Di method index() itulah ada perintah echo untuk menampilkan string “Halaman home”.

Oke selanjutnya untuk mengakses file tersebut kita cukup mengetikkan pada browser http://nama_folder/index.php/page

maka akan muncul tampilan  “Halaman home.” . Oke cukup mudah bukan untuk lebih jelasnya silahkan ikuti kelas program di Dumetschool.com semoga bermanfaat.