Auto Increment adalah yang sering digunakan didalam database dengan penambahan angka unik secara otomatis dan berurut setiap record. Jadi dengan proses insert pada table langsung atau proses statement insert lainnya. Pada kasus kali ini kita akan belajar membuat custom auto increment di Codeigniter. Oke kalau begitu jangan kemana-mana yuk langsung kita mulai saja membuatnya.Langkah Pertama

Sahabat persiapkan dahulu folder project Codeigniternya dan jangan lupa untuk selalu di configurasi agar tidak terjadi error. Sekarang buat sebuah database baru lalu buat table didalamnya seperti contoh berikut ini:Membuat Custom Nomor Nota

Pada field no_nota dijadikan primary_key tetapi tidak perlu dibuat Auto Increment karena kita akan membuat dengan cara custome auto increment.

Langkah Kedua

Sahabat buat Controller seperti code berikut ini:

  • Nota.php

Lalu buat model seperti dalam code dibawah ini:

  • M_nota.php

Jika sudah tinggal buat sebuah view untuk melihat tampilannya ,beri nama V_nota.php silahkan ketikkan code berikut:

Langkah ketiga

Buka project yang dibuat pada browser apakah sudah benar seperti dalam tampilan berikut:1-Membuat Custom Nomor Nota

Jika sudah seperti gambar diatas silahkan coba klik tombol simpan apabila benar maka nomor nota langsung tersimpan didalam database.

2-Membuat Custom Nomor Nota

Saya kira cukup dalam pembahasan artikel ini tentang cara membuat custom auto increment di Codeigniter. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan pembahasan lainnya.

terima kasih