Di artikel kali ini saya akan kembali membahas hal yang spesifik tentang framework yang saya sedang pelajari yaitu laravel yang mana pembahasan kali ini  akan membahas Cara Membuat Data Seeder Di Laravel 5.4.

Apa itu seeder dalam laravel ? jadi Seeder merupakan data dummy yang kita buat ketika kita membuat sebuah aplikasi berbasis web, data hasil seeder dapat kita gunakan sebagai data awal untuk keperluan testing ataupun untuk keperluan lain, misalnya data user. Dengan adanya Seeder kita tidak perlu mengimputkan data satu-satu ke database melalui phpmyadmin, cukup dengan file seeder kita dapat membuat data dummy.

Sepertihalanya membuat sebuah migration, membuat sebuah seeder juga bisa menggunakan commandline artisan seperti contoh berikut ini :

Setelah menjalankan perintah tersebut , maka composer akan secara otomatis membuat sebuah file php yang bernama CommentsTableSeeder.php yang berada di dalam folder database/seeds/CommentsTableSeeder.php.

Untuk selanjutnya kita isikan data dumy kedalam file CommentsTableSeeder.php sperti ini :

Yang mana sebelumnya saya sudah membuat sebuah table di database dengan menggunakan migration dengan struktur table seperti berikut ini :

Dan sebuah model dengan nama model Coments seperti berikut :

Untuk yang selanjutnya silahkan lakukan perubahan pada file databse/seeds/DatabaseSeeder.php seperti ini :

Terakhir marilah kita jalankan perintah berikut untuk menjalankan  Seeder nya :

Jika berhasil maka akan terisi data dummy pada table coments kita, baiklah itu saja dari saya untuk artikel laravel mengenai Cara Membuat Data Seeder Di Laravel 5.4 .