Database menjadi salah satu dasar dalam menampilkan website dapat berjalan tanpa masalah. Database yang umum digunakan adalah melalui XAMPP. Anda perlu melakukan install terlebih dahulu XAMPP. Baru dapat menjalankan aplikasi dari XAMPP. Anda perlu mengetik localhost/xampp/ dalam browser. Kemudian Anda mengetik pada tampilan menu dengan phpmyadmin. Dalam pemilihan database maka pastikan Anda mengetik nama sesuai dengan yang Anda akan gunakan. Sertakan pula nama user dalam pembuatan database Mysql. Penambahan user tersebut ketika Anda menuju menu bernama Privileges. Di menu tersebut Anda akan melihat penambahan user dalam tulisan Add user.

Anda kemudian perlu mengisi seluruh data yang diminta dalam membuat nama user. Isilah dengan tepat dan jangan lupa apa saja yang Anda isikan ke dalamnya. Langkah tersebut mudah sama seperti ketika Anda membuat email. Setelah selesai Anda perlu memilih kolom yang bertuliskan Grant all privileges on database “blogku” atau yang ada di paling bawah. Arahkan panah atau scroll menuju bawah dan temukan Global Privileges dan langsung tekan Add user.

Mysql adalah database yang digunakan dalam php. Untuk membuat database Mysql pun bukan hal yang rumit untuk dilakukan. Mempelajari lebih dalam mengenai database Mysql akan lebih seru bersama para instruktur di Dumet School. Sehingga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja kesempatan mempelajari pembuatan database Mysql dengan lebih mudah.