Untuk mengunggah file atau upload file kita perlu membutuh bantuan PHP dan Form HTML, dari masing – masing bahasa mempunyai element atau fungsi kusus. Misal untuk HTML dalam uploading file HTML membutuh form dengan attributes  method=’post’ and enctype=’multipart/form-data’  fungsi ini harus ada untuk setiap kali kita akan membuat sebuah fungsi upload file.

Begitu juga di dalam bahasa PHP, PHP membutuhkan built_uploaded_file () untuk mengunggah file ke direktori. Fungsi upload file ini selalu ada disetiap kita membuat website dinamis. Oke langsung saja kita buat.

HTML Form untuk File Upload

File form digunakan untuk upload file, untuk melakukan upload file kita membutuhkan tag html yaitu tag input=”file” . Tag tersebut yang nantinya akan kita gunakan untuk melukan upload file dari direktori yang kemudian akan dikirimkan ke server. Script form memperlihatkan dengan method = ‘post’ dan enctype = multipart/form-data’ untuk mengunggah file.

 

Script PHP untuk Melakukan Upload File

Kode PHP ini memvalidasi bahwa file yang diunggah tidak kosong dan diposting melalui metode HTTP_POST. Kemudian,  menentukan path file berasal dan tujuan ke fungsi move_uploaded_file () untuk memindahkan file  ke target seperti yang ditentukan.

Output dari script di atas,

Cara Membuat File Upload dengan PHP

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Membuat File Upload dengan PHP, semoga bermanfaat.