Directory atau yang biasa kita kenal yaitu folder adalah sebuah lokasi yang terdapat pada media penyimpanan seperi hard disk ataupun yang lainnya yang berisi sebuah folder ataupun file. Pada PHP terdapat beberapa fungsi untuk membuat dan menghapus folder, namun pada tutorial kali ini kita akan membahas Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP, fungsi yang kita gunakan untuk membuat directory atau folder baru yaitu mkdir(), mkdir() merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk membuat folder directory. Jika kita menggunakan fungsi mkdir() ini directory atau folder yang dibuat otomatis berada pada satu lokasi dengan folder php yang kita taruh, dan jika kita ingin menaruh directory atau folder baru tersebut di tempat lain harus disertakan path yang lengkap pada parameter name.

Cara penulisan dari fungsi mkdir() yaitu seperti dibawah ini :

Sebelum kita membuat directory baru dengan menggunakan php ada beberapa hal yang haru kita perhatikan yaitu :

  • Pastikan nama directory sesuai dengan standar penamaan file dan directory
  • Silahkan teman-teman cek folder yang akan teman-teman buat, sehingga tidak terdapat pesan error.
  • Dan pastikan lokasi untuk menempatkan folder baru sudah diset permission 777.
  • Tampilkan status atau pesan berhasil atau gagal pada saat kita akan membuat folder baru.

Nah Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP yaitu silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama index.php.

Cara kerja yang terdapat pada script diatas yaitu, pada form terdapat terdapat sebuah input text, yang berfungsi untuk memasukan nama folder baru yang akan kita buat, dan selanjutnya text yang terdapat pada inputan tersebut akan akan dicek dan di filter dan formatnya sesuai dengan standar penamaan file dan folder dengan menggunakan fungsi preg_replace.

Setelah diproses maka akan dilakukan pengecekan dengan menggunakan fungsi file_exist() dan is_dir(), yang tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya error, karena folder yang dibuat tidak boleh sama dengan folder yang sebelumnya.

Jika kita jalankan pada browser maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP

Folder yang berhasil dibuat :

Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP

Oke teman-teman itulah pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Cara Menghapus Folder Dengan Menggunakan Fungsi Rmdir() Pada PHP