Hallo sobat program, alhamdulilah masih diberikan nikmat dan sehat dari yang maha kuasa dan dapat kembali membuat tutorial tentang PHP diwebsite Dumet School. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang upload yaitu Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP.

Diphp kita dapat mengupload video,file ataupun gambar dan file tsb akan kita simpan didalam direktori yang kita siapkan. Dan dikesempatan ini saya akan membahas tentang upload video dan caranya tidak jauh berbeda dari upload gambar. Jika teman-teman sudah memiliki basic atau pernah mencoba CRUD maka akan sangat mudah memahami pembahasan ini.

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Oke langsung saja, disini saya hanya mengupload video lalu pindahkan ke folder yang saya tentukan atau lebih jelasnya kita disini tidak menggunakan database. Baik langkah pertama teman-teman buat sebuah folder didalam htdocs lalu langkah berikutnya buat sebuah file PHP dan folder untuk menyimpan video hasil upload. Contohnya teman-teman bisa lihat seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Oke langkah berikutnya, didalam file PHP teman-teman tambahkan atau ketik kode HTML formnya seperti pada contoh dibawah ini :

Oke jika sudah dengan kode HTML nya silahkan teman-teman jalankan maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Oke lanjut ke prosesnya, teman-teman tambahkan kode PHP seperti pada contoh dibawah ini dan diletakan dipaling atas :

Jika sudah, langkah terakhir silahkan refresh kembali pada browser lalu silahkan upload video apapun yang teman-teman miliki, jika berhasil maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Lalu pada folder maka hasilnya video akan masuk ke direktori folder yang kita tentukan seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP

Oke jadi seperti inilah tutorial kita kali ini tentang Cara Membuat Form Upload Video Dengan PHP. Semoga dapat sangat bermanfaat buat teman-teman dan pada pembahasan selanjutnya saya akan membuat upload video dengan database mysql.

Sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih

 

Note : max_file_upload ditambahkan 2M to 20M sesuai keinginan pada php.ini