Halo teman-pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap, sebelum kita masuk ke study casenya saya akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari validation tersebut, seperti yang kita ketahui bahwa validation pada sebuah website itu sangat diperlukan selain berfungsi sebagai security dari website kita, validation juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada codeigniter mempunyai sebuah class yang berfungsi untuk melakukan validation yaitu form_validation yang terdapat pada User Guide pada codeigniter. Validation yang terdapat pada sebuah form biasa kita gunakan pada saat pengisian data pada sebuah form, nah Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap teman-teman bisa mengikuti step by step yang terdapat dibawah ini.

Langkah yang pertama pastikan teman-teman telah mendownload bootstrapnya terlebih dahulu pada getbootstrap.com, dan letakan folder bootstrap yang telah kita download didalam folder codeigniter yang teman-teman gunakan, seperti dibawah ini.

Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap

Jika sudah kita akan membuat sebuah controller dengan nama form.php teman-teman bisa simpan script dibawah ini pada text editornya dengan nama form.php

Langkah selanjutnya kita akan membuat view-nya untuk form inputan yang akan kita tampilkan pada browser, nah teman-teman bisa simpan script yang terdapat dibawah ini dengan nama form_view.php pada folder application/views/namafile.php

Pada file form_view.php diatas terdapat sebuah kondisi  <?php if (validation_errors()) : ?> ….  <?php endif; ?> Berfungsi untuk menampilkan pesan error yang dari form yang kita masukan, dan <?php if ($this->session->flashdata(‘succses’)) : ?> … <?php endif; ?> untuk menampilkan pesan sukses atau berhasil.

Pada file form_view.php pada tag link terdapat <?php echo base_url() ?> berfungsi untuk menjalankan nilai index pada page yang kita gunakan.

Berikutnya silahkan teman-teman save semua filenya jika kita jalankan pada browser maka akan muncul seperti dibawah ini

Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap

Download Script

Bagai mana teman-teman cukup mudah bukan Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap nya, sekian dulu tutorial saya kali ini tentang Cara Membuat Form Validation Pada Codeigniter Menggunakan Bootstrap.

Semoga bermanfaat

Terimakasih