Pada kesempatana kali ini saya akan menjelaskan cara membuat format tanggal bahasa english di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Didalam table database mysql format yang mendukung untuk menyimpan tanggal dan waktu adalah format angka yaitu (‘Y-m-d H:i:s’). Lantas bagaimana jika kalian ingin menampilkan format tanggal tersebut kedalam output php sehingga yang ditampilkan nanti dengan format seperti contoh berikut 20 April 2019. Untuk menampilkan format tersebut, disini teman-teman harus membuat array yang dimana didalam array tersebut adalah nama-nama bulan dalam satu tahun dalam bahasa english seperti berikut :

Dari array tersebut nantinya akan disesuaikan dengan posisi array tersebut dengan angka bulan yang didapatkan dari database, namun untuk lebih mudahnya, dimana untuk membuat format tanggal tersebut disini saya buat kedalam satu buah fungsi khusus dengan tujuan supaya kedepannya bisa digunakan berkali-kali tanpa harus buat lagi, jadi cukup memanggil nama file beserta nama fungsi tanggal tersebut. Mungkin untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti seperti tahapan yang saya buat dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama fungsi_tgl_en.php didalam folder project kalian
  • Jika sudah selanjutnya ketikan seperti kode berikut :
  • Jika sudah simpan terlebih dahulu file tersebut.
  • Buat lagi satu buah file dengan nama index.php
  • Dan untuk memanggil fungsi tanggal tersebut, teman-teman include file fungsi_tgl_en.php, dan fungsi tersebut sudah bisa digunakan dengan sesuka hati. Berikut cara memanggilnya dari file index.php
  • Jika sudah sebelumnya simpan terlebih dahulu file index.php tersebut dan lihat hasilnya dibrowser.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat format tanggal bahasa english di php, semoga bermanfaat.