Barcode adalah ident yang dapat dibaca mesin yang dibundel dengan data tentang suatu entitas. Ini terutama digunakan untuk menyimpan data terkait produk seperti harga, kode, tanggal pembuatan, dan data serupa. Dalam tutorial ini, kita akan membuat kode PHP untuk menghasilkan barcode. Saya menggunakan library tc-lib-barcode untuk membuat barcode menggunakan PHP.

Dalam contoh ini, harga produk, tanggal MFG dan EXP dikelompokkan dalam bentuk Barcode. Dengan memindai gambar barcode yang dihasilkan dengan aplikasi pembaca barcode, data ini dapat diungkap. Kita dapat menambahkan kode PHP ini untuk aplikasi keranjang belanja untuk menghasilkan kode batang untuk produk sebagai referensi identifikasi unik. Form HTML digunakan untuk mengumpulkan data produk. Saat mengirimkan form ini, data divalidasi dan dikelompokkan dalam format yang tepat. Data yang diformat akan diteruskan ke fungsi libaray untuk menghasilkan barcode.

Form HTML untuk mendapatkan Data Produk

Form HTML ini berisi masukan untuk mendapatkan produk MRP, MFG dan EXP date. Data ini divalidasi menggunakan JavaScript pada pengiriman form.

Jika ada yang salah saat validasi, fungsi akan kembali salah dan menampilkan kesalahan di bawah form ini. Pada validasi yang berhasil, data form akan diposkan ke kode PHP untuk membuat kode batang.

Ini adalah JavaScript berisi fungsi validasi. Ia memeriksa validasi yang tidak kosong pada setiap data form dan juga memeriksa apakah produk MRP adalah numerik.

 

Kode PHP Membentuk Data Produk untuk Menghasilkan BarCode

Dalam kode PHP ini, file autoload library tc-lib-barcode disertakan di awal. Kemudian data form diterima dengan menggunakan susunan data permintaan POST. Tanggal MFG dan EXP diubah menjadi stempel waktu. Kemudian, timestamp produk MRP dan MFG / EXP dikelompokkan ke dalam format string. Data produk yang diformat ini akan diteruskan ke getBarcodeObj. Fungsi ini akan mengembalikan objek barcode berdasarkan tipe yang ditentukan.

Dengan referensi objek barcode, gambar png barcode akan dibuat dan ditampilkan ke browser.

Berikut ouput dari skript di atas,

Cara Membuat Generator Barcode menggunakan PHP

Oke itulah tadi pembahasan saya tentangCara Membuat Generator Barcode menggunakan PHP semoga bermanfaat.