Pada tutorial kali ini kita akan belajar Cara Membuat Halaman Category, pada tutorial Menggunakan Codeigniter Part 1 kali ini kita akan melakukan instalisi pada codeigniternya dan membuat database dan table yang akan kita gunakan dalam pembuatan halaman category.

oke teman-teman kita akan langsung saja masuk ke study casenya tentang Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1. Langkah pertama pastikan teman-teman telah men-download file codeigniternya pada https://codeigniter.com/download pada project pembuatan halaman category kali ini kita menggunakan codeigniter v3.

Selanjutnya kita akan buat sebuah table dengan nama posts dan category_posts, pada table posts kita akan membuat strukturnya seperti dibawah ini :

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1

Selanjutnya untuk struktur dari table category_post seperti dibawah ini :

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1

Berikutnya kita akan setting untuk databasenya seperti dibawah ini :

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1

Berikunya kita akan membuat sebuah controller dengan nama Post didalam controller tersebut kita akan membuat sebuah method seperti dibawah ini :

Selanjutnya kita akan membuat sebuah file pada views dengan nama post.php, pada views/post.php kita akan membuat tampilan menu category yang akan kita gunakan seperti dibawah ini :

Pada script diatas kita menggunakan bootstrap v4 sebagai tampilannya jika kita jalankan pada browser maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1

Oke teman-teman itulah pembahasan kita pada Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 1. untuk prosesnya akan kita bahas pada Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 2.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 2

Cara Membuat Halaman Category Menggunakan Codeigniter Part 3