Sering kali kita melihat website yang menampilkan konten halaman tidak ditemukan atau biasa kita sebut 404 override yakni url yang diketikan pada halaman website tersebut tidak tersedia atau sudah expired jadi halaman 404 akan ditampilkan. Sering yah kita temukan hal sepeti itu, nah gimana cara membuat nya di framework codeigniter,

penasaran? Tidak rumit kok, hampir sederhana kita bisa menggunakan fungsi routing pada codeigniter untuk menampilkan halaman tidak ditemukkan tersebut. Oke siapkan file codeigniter yang akan kita praktekan, buka file routes.php di folder config pada bagin $routes[‘404_override’] isikan seperti ini :

Dan sekarang buka file controller welcome buatkan fungsi baru dibawah fungsi index, kita gunakan controller yang sudah ada saja agar tidak terlalu banyak controller baru buatkan fungsi notfound() seperti dibawah ini :

Lalu kita buatkan file baru di folder views dan beri nama notfound.php lalu tambahkan script dibawah ini :

Jika sudah disave dan jalankan, dengan mengetik link yang tidak tersedia seperti ini : localhost/namaproject/index.php/ketikasal/ maka jika berhasil akan seperti ini :

Cara Membuat Halaman Tidak Ditemukan 404 Menggunakan Codeigniter

Cukup mudah bukan?, sekian tutorial tentang Bagaimana Cara Membuat Halaman Tidak Ditemukan 404 Menggunakan Codeigniter. Sampai bertemu diartikel selanjutnya dan sampai jumpa.

#KeepLearn

#IsmetMA