Fitur upload file dalam setiap website sangat dibutuhkan, namun untuk menjaga agar file yang upload sesuai dengan yang kita butuhkan maka kita perlu membuat validasi agar file yang diupload sesuai dengan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut saya akan membuat sebuah upload file dengan validasi seperti dibawah ini;

  • Jika file tidak kosong.
  • Jika ekstensi file adalah salah satu dari .jpg, .png, .jpeg.
  • Jika ukuran file kurang dari atau 2MB.
  • Jika dimensi file dalam (300X200).

 

Form HTML dengan Tag Input

Form ini berisi file input untuk pengguna yang memilih file yang akan diunggah. Pada saat dikirimkan, file data dikirim ke PHP untuk mengunggahnya ke target setelah validasi.

Script PHP untuk Memvalidasi dan Mengunggah File Images

Dalam proses ini saya akan memvalidasi jenis file, ukuran dan dimensi sebelum mengunggah. Data file yang diunggah seperti nama file, target sementara berada dalam array $ _FILES [“image_file”]. Fungsi PHP move_uploaded_file digunakan untuk mengunggah file dengan mengakses data file yang disimpan dalam superglobal $ _FILES.

Saya menggunakan fungsi PHP getimagesize () untuk mendapatkan informasi ukuran untuk memvalidasi gambar yang diunggah. Saya menentukan ekstensi file gambar yang diizinkan dalam array dan memvalidasi ekstensi file yang diunggah dengan array. Anda dapat mengubah array  dengan ekstensi file gambar lain yang disukai sesuai keinginan Anda. Setelah validasi berhasil, fungsi PHP move_uploaded_file () digunakan untuk menyimpan file dalam target yang ditentukan.

Berikut Hasil dari script di atas,

Cara Membuat Image Upload dengan validasi Size

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Membuat Image Upload dengan validasi Size, semoga bermanfaat.