Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat kalkulator sederhana dengan oop php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk mengasah logical kalian di php tidak jauh dengan yang namanya penjumlahan matematika. Sebenarnya untuk melakukan operasi seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada dasarnya sama saja, bisa menggunakan operator +, -, * dan /. Namun tidak hanya itu saja yang terpenting dari contoh disini adalah dimana kalian menerapkannya dengan tehnik setter dan getter. Dimana tehnik tersebut yang sangat penting didalam OOP untuk kalian supaya dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih mahir. Sebenarnya, tehnik dari setter dan getter sangat mudah, disini saya ibaratkan saja setter itu seperti melempar bola dan getter itu seperti menangkap bola, dimana dari keduanya adalah main lempar dan tangkap bola.

Begitupun setter dan getter, ketika kalian menggunakan tehnik tersebut sama halnya kalian sedang main lempar dan tangkap nilai yang biasanya nilai tersebut dilempar dari suatu form input dan ditangkap dengan tehnik fungsi get untuk aksi selanjutnya. Langsung saja, kalian bisa mengikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  1. Buat satu buah file php dengan nama index.php didalam folder project webserver local kalian, ketikan kode seperti berikut :

  • Selanjutnya save file tersebut
  • Dan buat lagi satu buah file php dengan nama Kalkulator.php, ketikan kode seperti berikut :

  • Jika sudah save kedua file php tersebut. Dan lihat hasilnya di browser teman-teman.

Note : Kalkulator.php adalah file yang berperan menyimpan kode class dan fungsi dimana didalam fungsi setOperasi adalah untuk melakukan pengolahan berdasarkan yang dipilih di radio group nantinya

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara membuat kalkulator sederhana dengan oop php, semoga bermanfaat.