Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan materi tentang OOP yaitu Cara Membuat Koneksi Menggunakan PDO DI PHP,

untuk berkomunikasi dengan database di PHP kita membutuhkan sebuah API atau aplication programming interface yaitu sebuah aplikasi yang menjembatanya antara aplikasi yang kita bangun atau gunakan dengan database kita.

DI PHP sendiri telah menjediakan 2 konsep utama untuk melakukan koneksi ke datase yaitu dengan menggunakan method bawaan PHP berikut ini :

– PDO

-MYSQLI

nah di sini saya akan mencontohkan membuat koneksi dengan konsep PDO, pada oop di PHP, PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. Maksud istilah “interface universal” disini adalah bahwa PDO tidak terikat dengan aplikasi database tertentu. Apabila saat ini kita menggunakan database MySQL dan dikemudian hari ingin bermigrasi menggunakan PostgreSQL, kita hanya tinggal mengganti cara pemanggilan awal PDO dan seluruh kode program yang ada bisa langsung digunakan untuk database baru.

Barikut adalah contohnya :

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan di artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjuntya.